Wednesday , October 18 2017
Breaking News
Home / RUANG NUSANTARA / Riau / Air Terjun Batang Kapas Yang Menawan

Air Terjun Batang Kapas Yang Menawan

Lensawisata.com, Air Terjun Batang Kapas Yang Menawan, – Air terjun Batang Kapas ini digadang-gadang menjadi air terjun yang tertinggi di Sumatera bagian tengah, dengan ketinggian lebih kurang 250 meter. Terletak di Desa Lubuk Bigau Kenagarian Pangkalan Kapas, Kampar kiri Hulu, Kab. Kampar – Riau, keindahan luarbiasa nampak dari berbagai sudut di air terjun.

Di bawah air terjun  terdapat batu-batu berukuran raksasa yang ditumbuhi lumut dan tumbuhan perdu yang memanjakan mata dengan air mengalir mengikuti rongga-rongga diantara tumpukan batu. Disekeliling air terjun. ditumbuhi pohon besar seperti meranti, tempayang, dan kulim. 

Dari dasar air terjun sudah terlihat lanskap yang indah, saat mata saya melihat kearah bukit diantara air terjun, terlihat seperti ukiran-ukiran buatan manusia, ukiran ini  membentuk relief dengan garis-garis dari lapisan batu.  Ditengah bukit terdapat celah yang sering dijadikan tempat bermalam oleh para pendaki atau warga yang berburu burung disekitar air terjun. Mata saya tertumbuk dengan pemandangan unik diatas langit-langit bukit. Terdapat puluhan sarang lebah yang menjadi salah satu komoditi unggulan dari masyarakat sekitar desa Lubuk Bigau.

Saya, bersama rombongan pemuda desa Lubuk Bigau, berjalan kearah puncak air terjun, menelusuri kawasan perbukitan hingga kearah hulu. Semakin ke hulu, jalur yang saya telusuri menjadi semakin terjal.Dibagian hulu air terjun terdapat banyak sungai yang bercabang  cabang.  Salah satu cabang sungai ini menuju perbatasan Sumatera Barat. Dari sinilah  suara gemuruh air terjun Pangkalan Kapas.  Sungai-sungai ini berkumpul dan bermuara di air terjun Pangkalan Kapas.

“Kami ingin menjadikan air terjun ini sebagai tujuan wisata minat khusus yang terkenal, dan kami akan berusaha menjaga kelestariannya.” Ungkap Rama pemuda desa Lubuk Bigau. Kebanggaan warga desa khususnya kaum pemuda akan air terjun tersebut sangatlah besar, sehingga mendorong mereka untuk berbuat sesuatu demi kelestariannya. (AS)

Check Also

selat melaka

Jamuan Mewah Diatas Selat Malaka

Lensawisata.com, Jamuan Mewah Diatas Selat Malaka – “ Di sini saja” ujar salah seorang nelayan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *