Tuesday , November 21 2017
Breaking News
Home / INFO KITA / Ayo Ikut, Desain Arsitektur Nusantara 2016 Total Hadiah 1 Milyar
lomba-desain-arsitektur-nusantara_lensawisata-com

Ayo Ikut, Desain Arsitektur Nusantara 2016 Total Hadiah 1 Milyar

Lensawisata.com, Indonesia terus berbenah, khususnya sektor pariwisata. Kali ini pengembangan ini di gelar dengan mengadakan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2016. Hal ini dilakukan untuk pengambangan 10 destinasi wisata prioritas Indonesia.

Melalui Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara ini para arsitek di Seluruh Indonesia di undang untuk turut serta memajukan arsitektur Nusantara. Serta pengembangan kawasan wisata dengan desain homestay terbaik.

Desain rancangan yang di ajukan peserta tidak hanya gambar denah dan bagian bangunan, namun mencakup kamar tuan rumah atau pemilik bangunan, kamar yang di sewakan dan kamar mandi serta dapur yang dapat di gunakan bersama-sama.

Desainnya harus mengambil inspirasi serta desan rumah tradisional tempatan. Dalam konsep rancang bangunnya untuk efesiensi pembiayaan pembangunan diharapkan dapat menggunakan material daerah setempat.

Berikut dibawah ini adalah 10 Destinasi Wisata prioritas Indonesia :

  1. Danau Toba, Sumatera Utara
  2. Tanjung Kelayang, Bangka Belitung
  3. Tanjung Lesung, Banten
  4. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
  5. Borobudur, Jawa Tengah
  6. Bromo tengger – Semeru, Jawa Timur
  7. Mandalika, Lombok – NTB
  8. Labuan Bajo, Flores – NTT
  9. Wakatobi, Sulawesi Tenggara
  10. Morotai, Maluku

Untuk estimasi pembiayaan Rumah Wisata Nusantara seluar 36m2 adalah sebesar Rp. 125 juta rupiah. Dan desan ini diharuskan adalah rumah panggung. Total Hadiah senilai 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah), dimana setiap Destinasi akan ditetapkan 3 pemenang, dengan rincian :

  • 1 Pemenang Utama       : Rp. 50.000.000,-
  • 1 Pemenang Harapan I  : Rp. 30.000.000,-
  • 1 Pemenang Harapan II : Rp. 20.000.000,-

Setiap peserta sayembara yang mengumpulkan karya mendapatkan piagam penghargaan.
Pajak Pemenang ditanggung masing-masing peserta. Desain paling lambat sudah di terima oleh panitia pada tanggal 20 September 2016.

Materi pemenang sayembara dan “Hak cipta Ekonomis” dari karya pemenang menjadi milik Penyelenggara, yaitu : Kementerian Pariwisata RI, Badan Ekonomi Kreatif RI, dan PT Propan Raya dan dapat digunakan sebagai media promosi. Desain dapat digunakan oleh masyarakat luas sesuai kepentingan dari pihak penyelenggara.

Namun “Hak cipta Moral” pada Karya akan tetap merupakan milik peserta. Dimana pihak penyelenggara akan tetap mencantumkan nama pemenang pada setiap desain, baik yang dipublikasikan atau yang dibangun.

Dengan demikian, dalam usaha mengembangkan 10 destinasi wisata prioritas Indonesia tersebut, keterlibatan dan peran serta masyarakat menjadi hal yang sangat penting untuk diwujudkan sehingga masyarakat dapat menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.

Nah, penasaran bukan. Untuk syarat, ketentuan dan informasi lengkap mengenai Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara, silahkan kunjungi website www.arsitekturnusantara.propanraya.com.

Check Also

bgs2016-logo

Bandung Great Sale 2016

Kota Bandung akan lebih berwarna dan meriah dengan hadirnya acara Bandung Great Sale 2016. Acara tersebut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *