Wednesday , September 20 2017
Breaking News
Home / INFO KITA / Foto Trip Bono Surfing Guinness World Records
foto trip
Foto Trip Bono Surfing Guinness World Records

Foto Trip Bono Surfing Guinness World Records

Lensawisata.com, Foto Trip Bono Surfing Guinness World Records, – Sekilas tentang Bono, Fenomena alam ini termasuk kedalam gelombang tidal bore. Pada saat bulan purnama ataupun bulan baru, permukaan laut di Selat Malaka menjadi naik dan melahirkan gelombang pasang yang menyapu masuk kedalam sungai Kampar sejauh 50 sampai dengan 60 km. Ketika sisi depan gelombang  masuk ke muara sungai yang menyempit, dan bertemu dengan arus di  perairan dangkal sungai Kampar.  Lahirlah  Bono.  Ketinggian gelombang bono dapat mencapai 2 meter bahkan lebih. Gelombang ini melaju ke arah hilir hingga Selat Malaka, kemudian nantinya menghilang.

Ada beberapa versi dari Bono, ada yang bercerita bahwa bono merupakan hantu anjing laut yang menarik gelombang ke arah sungai Kampar. Karena Belanda saat itu tidak bisa masuk ke dalam muara sungai Kampar, pihak Belanda menembak gelombang ini dengan menggunakan meriam. Akibatnya, bono  mati dan  jumlahnya berkurang dari tujuh  menjadi enam.

Sedangkan, versi yang lain, menceritakan Datuk Kampar, orang sakti pada zaman dahulu mengambil gelombang sungai Kampar segenggam tangan dan memasukkannya kedalam tempurung kelapa. Fungsi dari gelombang sebagai benteng pertahanan dari serangan para perompak yang akan menyerang daerah ini. Datuk Kampar berpesan kepada masyarakat “ jika nanti matahari setinggi ubun-ubun/ jam 12 siang. Akan terjadi sebuah gelombang yang besar”. Masyarakat kampung  penasaran dan menunggu kedatangan gelombang ini. Saat waktu yang telah di tentukan tiba. Terjadilah gelombang besar. Masyarakat kampung pun berteriak. “ bono kata datuk, bono kata datuk“ Bono dari perkataan mereka ini memiliki arti benar. Perkataan ini lah yang mungkin menjadi awal muasal kata bono.

Sekarang, bono menjadi salah satu destinasi andalan minat khusus di Riau, berselancar diatas gelombang sungai Kampar menjadi impian bagi peselancar-peselancar mancanegara dan nasional. Bono menjadi salah satu highlight/destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi di Indonesia. Karena karakteristik gelombang yang unik, maka gelombang Bono memiliki rentang waktu yang lama, gelombang bono bisa terjadi hingga dua jam, dihitung dari pulau tempat dimana gelombang ini terjadi.

Atas dasar itulah, tiga peselancar dari Australia, Roger Gamble, James Cotton, dan Zog Van der Sluys berusaha memecahkan  rekor dunia untuk berselancar di gelombang bono.

 

===========================================================================

 

Fasilitas:

  1. Transportasi PP (PKU – PKL. Kerinci)
  2. Transportasi Sungai PP (PKL. Kerinci – Teluk Meranti)
  3. Transportasi Sungai selama 3 waktu ke Lokasi Bono
  4. Transportasi Sungai 1 waktu ke Suaka Marga Satwa Kerumutan (PP)
  5. Makan dan Minum Selama paket
  6. Homestay
  7. Menginap di Bagan Apung

Objek:

  1. Motret Bono dan Surfer selama 3 Waktu (1 waktu kurang lebih 1jam-an)
  2. Motret Sunrise dan Sunset di Teluk Meranti dan Pantai Ogis (Termasuk Kentut Air)
  3. Motret Human Interest di Teluk Meranti

Bonus

  1. Human Interest di Suaka Marga Satwa Kerumutan
  2. Birding

Paket selama 5 Hari : Rp. 3.751.000.-

No yang bisa dihubungi:

1. 0813 6590 1166

2. 0813 9377 7700

 

foto trip
Foto Trip Bono Surfing Guinness World Records

 

Check Also

5b42c8ece5818fbfe5dd4f5592e5e6a72016-09-27_06-30-52

Dukung Indonesia Sebagai Destinasi Menyelam Terbaik di Dunia

Ayo dukung alam bawah laut Indonesia untuk memperebutkan gelar Top Dive Destinations of 2017 versi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *