Wednesday , September 20 2017
Home / RUANG NUSANTARA / Danau Segara Anak, Rinjani
danau baru anak

Danau Segara Anak, Rinjani

Lensa Wisata, Danau Segara Anak, Rinjani . Jam tangan ku menunjukkan pukul, 05.30 WITA, altimeter/alat pengukur ketinggian di jam saya menunjukkan 1904 meter diatas permukaan laut. Bergegas saya bangun dan membuka risleting tenda. Di depan saya, terdapat danau yang luas. Danau ini menjadi tujuan favorit para pemdaki jika berkunjung ke gunung berapi tetinggi kedua di Indonesia. Dikenal dengan nama Segara Anak.

Sedikit sejarah mengenai gunung Rinjani, gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ke dua di Indonesia. Gunung dengan ketinggian 3.726 meter diatas permukaan laut ini. Merupakan gunung yang memiliki ekosistem yang lengkap. Savana, hutan dataran tinggi, edelweiss, hutan dataran rendah terdapat di gunung ini. Selain memiliki kelengkapan ekosistem, gunung ini memiliki danau yang terletak pada ketinggian 1900 an meter di atas permukaan laut. Dan pada tahun 1994 memberikan kejutan berupa keluar nya anak gunung yang dikenal dengan Gunung Baru Jari. Gunung dengan ketinggian 2236 meter di atas permukaan laut.

Untuk menuju ke danau ini,terdapat dua jalur yang biasa digunakan oleh para pendaki. Pertama, jalur Sembalun, dan ke dua, jalur Senaru. Masing masing jalur memiliki karakteristik yang unik, Jika kita melewati jalur sembalun. Kita akan melihat keindahan savanna yang sangat luas. Dan jika perjalanan di mulai dari Senaru, kita akan melewati hutan rimba.

Saya memulai perjalanan menuju gunung Rinjani, dimulai dari desa Sembalun. Desa Sembalun memiliki jalur pendakian yang lebih landai di bandingkan dengan jalur pendakian Senaru.

a. Sembalun – Pos Pemantauan
Di Sembalun ini, dari awal nya perjalanan. Saya disambut dengan indahnya padang savanna yang akan terus menemani kita. Setelah 3 jam dalam perjalanan naik turun bukit savanna. Saya tiba di pos pertama, yang dikenal dengan nama pos Pemantauan. Dari Pos pemantauan, jalur pendakian pelan-pelan mulai menanjak.

b. Pos Pemantauan – Pos Tengean Atas
Dari pos pemantauan, saya berjalan menuju pos Tengean Atas, Pos ini berada diantara dua lembah. Jika kita kehabisan air tawar. Di pos Tengean Atas, terdapat air tawar yang dapat digunakan untuk mengisi tempat air minum yang kita bawa. Lama perjalanan dari pos Pemantauan menuju Pos Tengean Atas ini, satu jam perjalanan.

c. Pos Tengean Atas – Pos Padang Balok
Dua jam perjalanan, dari pos Tengean Atas, kita akan tiba di pos yang dikenal dengan Pos Padang Balok. Di pos ini, terdapat jalur sungai yang merupakan sisa dari letusan gunung. Pos Padang Balok merupakan tempat yang ideal untuk beristirahat. Di pelataran pos Padang Balok, bisa menampung enam tenda. Perjalanan inti dari gunung Rinjani dimulai dari Pos Padang Balok, sehingga sangat disarankan untuk beristirahat di Padang Balok sebelum melanjutkan perjalanan. Saya akan melewati tujuh bukit penyesalan.

b. Pos Padang Balok- Puncak Sembalun
Dari pos Padang Balok, dibutuhkan waktu 4 jam perjalanan untuk tiba di Puncak Sembalun, terlebih dahulu, saya melewati tujuh bukit penyesalan. Inilah bukit dianggap momok bagi para pendaki. Dinamakan tujuh bukit penyesalan, karena terdapat tujuh rangkaian bukit. Ada perasaan menyesal saat melewati bukti ini, sehingga tujuh bukit ini dinamakan tujuh bukit penyesalan. Dari tujuh bukit penyesalan, saya tiba di puncak Sembalun atau dalam bahasa lomboknya disebut dengan Plawangan Sembalun. Plawangan Semblalun merupakan persimpangan menuju puncak Rinjani atau Segara Anaka. Jika kita ingin menikmati Puncak Rinjani, kita lurus, dan jika ingin ke Segara Anakan, kita ambil jalan ke kanan.

c. Puncak Sembalun – Segara Anakan
Dari puncak Sembalun, saya memilih jalan kek kanan. Saya menuju danau Segara Anak. Jalur menuju Segara Anak adalah jalur yang menurun. Bukit-bukit batu akan menemani kita. Dalam perjalanan turun, saya harus menggunakan tangan untuk menggapai batu-batuan yang ada. Kaki sudah gemetar, melihat curamnya jalur turun menuju Segara Anak. Setelah 1 jam 30 menit turun, tibalah saya di Segara Anakan.

Danau Segara anakan merupakan tempat yang ideal untuk berkemah. Selain berkemah, kita juga bisa memancing ikan. Di Segara Anak, banyak terdapat ikan mas dan ikan karper. Cukup dengan menggunakan nilon dan kail, kita bisa menikmati ikan bakar dengan pemandangan Danau Segara Anak. Selain danau, di Segara Anak saya bisa melihat gunung Baru Jari.

Gunung Baru Jari adalah anak gunung Rinjai yang muncul pada saat letusan pada tahun 1994. Danau Segara Anakan memiliki air yang berwarna biru kehijauan. Selain danau dan gunung Baru Jari, danau Segara Anak memiliki sumber mata air panas yang dapat berfungsi sebagai obat penghilang rasa capek. Danau yang luas, sumber air panas, dan ikan bakar. Sehingga danau Segara Anak menjadi tempat menginap yang cukup lama bagi para pendaki setelah mereka turun dari puncak Rinjani.

Sayang nya. Gunung Rinjani ini, sudah kotor. Karena tidak bertanggung jawabnya penikmat alam dengan sampah yang mereka bawa. Selain sampah plastik, sampah biologis yang kita bawa juga tercium dengan kuat saat saya berada di Segara Anak. Seperti kata teman saya. “ Rinjani, gunung yang cantik namun bau berak”. (BAW)

Check Also

Pulau Pamutusan

Eksotisnya Pulau Pamutusan

Lensawisata.com, Dari pulau Pagang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kapal yang saya tumpangi bergerak menuju sebuah ...

2 comments

1. Wahh kalo ngedaki gunung Rinjani emang harus wajib ngecamp di tempat ini nih, keren banget bro!