Tuesday , November 21 2017
Breaking News
Home / RUANG NUSANTARA / Riau / Godaan Lima Pantai dari Bengkalis
IMG_2505

Godaan Lima Pantai dari Bengkalis

Lensawisata.com,  Berada di pesisir pulau Sumatera, pulau Bengkalis memiliki pantai-pantai unik yang menarik untuk dikunjungi. Jika selama ini, yang dikenal dari pulau Bengkalis hanya pantai Selat Baru. Kali ini, lensawisata akan mengenalkan lima pantai di pulau Bengkalis yang pada saat libur lebaran nanti, layak untuk anda kunjungi.

 

  1. Pantai Pesona, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Pantai Pesona Pulau Rupat adalah nama yang diberikan masyarakat kepada pantai yang berada di utara pulau Rupat, letak dari pantai ini berada di kecamatan Rupat Utara,Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Ria. Pantai ini memiliki panjang 12 km dan berhadapan langsung dengan Selat Malaka. 38 km dari pantai Pesona, kita sudah bisa mencapai negara Malaysia.

IMG_2505

Sore hari di arah mercusuar. Pulau Rupat. copy

Pantai Pesona memiliki pasir berwarna putih keabuan dan dengan sebagian tekstur pasir menyerupai tanah liat. Untuk mencapai pantai ini kita bisa menggunakan dua moda transportasi. Pertama dengan menggunakan speed boat dari kota Dumai atau dengan menggunakan jalur darat, dengan menyeberang dengan menggunakan Roll On Roll Out/ roro dari Dumai.

matahari terbitdi pantai peona, Teluk Rhu, pulau Rupat copy

IMG_2026

IMG_2123

Di pantai Pesona, kita bisa melihat matahari terbit dan terbenam, dua fenomena ala mini menjadi tujuan para pejalan jika berkunjung ke pantai. Untuk melihat matahari tenggelam di pantai Pesona, berjalanlah kearah barat pantai, hingga bertemu dengan mercusuar. Di pantai ini, kita bisa melihat pemandangan matahari kempali peraduannya, dengan latar belakang. Selat Malaka. Dan jika ingin bermain pasir atau sekedar ingin bermain air laut. Kita bisa melakukannya di pantai Pesona.

  1. Pantai Pulau Beting Aceh.

Beting Aceh, merupakan salah satu pulau terluar yang ada di provinsi Riau. Penamaan beting aceh, karena pada zaman dahulu, ada masyarakat berasal dari Aceh yang terdampar di pulau ini. Beting adalah timbunan pasir yang panjang di tepi laut, pasir yang membentuk Beting Aceh berasal dari pasir-pasir yang dibawa oleh ombak Selat Malaka.

Pasir putih pantai beting Aceh, Rupat Utara. copy

IMG_2253

IMG_2273

Biru air laut di pantai Beting Aceh, Rupat Utara copy

Pasir bertekstur halus seperti bedak terasa di telapak kaki saat menjejakkan kaki di bibir pantai. Sengatan sinar matahati yang membakar tengkuk menyambut kedatangan saya. Saya mencoba menelusuri pulau seluas kurang lebih 5 Ha ini. Pada bagian depan pantai, pantai landai dengan pasir putih yang halus menjadi daya tarik utama. Sedangkan untuk halaman belakang Beting Aceh, terdapat pantai dengan tekstur tanah lempung berwarna putih dengan beberapa tanaman bakau berukuran sepaha orang dewasa menjadi pemanis.

Untuk menuju pantai di pulau Beting Aceh,dibutuhkan waktu tiga puluh menit menggunakan speed boat dari Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara. Di pantai pulau ini, kita bisa mandi-mandi dan bermain pasir putih yang halus.

 

  1. Pantai Sepahat.

Siapa yang menyangka, di tepi jalan lintas Dumai –Pakning. Tepatnya di kecamatan Bukit Batu. Terdapat pantai yang memiliki pemandangan indah. Pantai ini berada di desa Sepahat, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

IMG_1849

Pantai Sepahat tidak sulit untuk dicapai. Dari Kantor Desa Sepahat. Berjalanlah 50 meter ke arah utara sampai bertemu simpang dua. Jika belok kanan, kita menuju kota Sungai Pakning, Kabupaten Bengkalis. Jika kita belok ke kiri menelusuri jalan desa sampai bertemu gang pertama berbelok ke kanan. Inilah arah menuju pantai Sepahat.

IMG_1837

Pantai Sepahat pantai yang memiliki tekstur pasir yang unik, Pasir pantai ini berwarna coklat dan sedikit lengket. Pada bagian belakang pantai, terdapat turap-turap yang terbuat dari batu-batu koral. Kita harus turun dari turap untuk bisa mencapai tepi pantai.

Reruntuhan dari pelabuhan yang berada di tepi pantai Sepahat

Pada bagian belakang turap, terdapat gazebo-gazebo. Gazebo-gazebo ini menjadi tempat yang ideal untuk berteduh. Di tepi pantai Sepahat, terdapat reruntuhan pelantar pelabuhan. Reruntuhan ini mempermanis lanskap pantai. Pemandangan menarik disini adalah terdapat tanaman api-api yang berdiri kokoh sendiri di tepi pantai.

 

  1. Pantai Tenggayun.

Pantai ini berada di desa Tenggayun. Letak dari desa Tenggayun berada di tepi jalan lintas Dumai- Sungai Pakning. Pantai Tenggayun memiliki tekstur berpasir abu abu dengan sedikit lumpur tanah liat.

DJI_0023

Karena berada di sisi timur pulau Sumatera, pantai Tenggayun merupakan pantai untuk melihat matahari terbit. Pohon-pohon dan tunggul bakau mempermanis pemandangan matahari terbit di pantai ini.

DJI_0028

Matahari terbit di pantai Tenggayun copy

IMG_5489

IMG_5437

Di sore hari di pantai Tenggayun, cobalah menuju bagan yang bejarak dua ratus meter dari bibir pantai Tenggayun. Setiap hari, dibagian atas bagan-bagan ikan, nelayan-nelayan desa Tenggayun sibuk dengan kegiatan pegolahan ikan. Ikan-ikan tangkapan nelayan sebagian besar dijadikan ikan asin. Ikan-ikan asin ini akan dibawa menuju Pekanbaru dan Medan. Kita bisa belajar langsung dengan para nelayan desa Tenggayun proses membuat ikan-ikan asin ini. Biasanya, mereka akan menawarkan kita untuk menginap di bagan mereka. Jika anda ingin merasakan sensasi tinggal diatas rumah berlantai kayu setinggi 20 meter, bagan di desa Tenggayun adalah pilihan yang menarik untuk dicoba.

 

  1. Pantai Prapat Tunggal

Pantai ini berjarak 30 menit dari kota Bengkalis. Pantai prapat Tunggal berada di desa Meskom, desa yang dikenal sebagai penghasil terasi dan juga sentra zapin.

DJI_0043

Matahari tenggelam di pantai prapat Tunggal, Bengkalis copyNelayan sedang memperbaiki jala di pinggir pantai Prapat Tunggal copy Nelayan di pantai Prapat Tunggal mencari kerang Sepahat copy

Pantai Prapata Tunggal menghadap ke timur. Di pantai ini,kita bisa melihat pemandangan matahari tenggelam. Dengan latar belakang. Bagan-bagan tempat ikan-ikan bahan baku terasi dikumpulkan. Jika kita datang ke pantai ini pada bulan Februari sampai dengan Maret, kita bisa mencicip kerang khas yang dipanen dari pantai Prapat Tunggal. Masyarakat menyebut kerang ini dengan nama sepahat. Bentuk dari sepahat menyerupai kerang bambu. Pipih, namun dengan ukuran yang lebih besar. BAW

Check Also

Pulau Pamutusan

Eksotisnya Pulau Pamutusan

Lensawisata.com, Dari pulau Pagang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kapal yang saya tumpangi bergerak menuju sebuah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *