Wednesday , September 20 2017
Breaking News
Home / RUANG NUSANTARA / Riau / Godaan Matahari Tenggelam Pulau Rupat
IMG_1777

Godaan Matahari Tenggelam Pulau Rupat

Lensawisata.com, Pantai Pesona Pulau Rupat adalah nama yang diberikan masyarakat kepada pantai yang berada di utara pulau Rupat, letak dari pantai ini berada di kecamatan Rupat Utara,Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Ria. Pantai ini memiliki panjang 12 km dan berhadapan langsung dengan Selat Malaka. 38 km dari pantai Pesona, kita sudah bisa mencapai negara Malaysia.

IMG_1731

Pantai Pesona memiliki pasir berwarna putih keabuan dan dengan sebagian tekstur pasir menyerupai tanah liat. Untuk mencapai pantai ini kita bisa menggunakan dua model transportasi. Pertama dengan menggunakan speed boat dari kota Dumai.

Dumai merupakan kota pelabuhan yang ditempuh lima jam perjalanan dari kota Pekanbaru. Jika menggunakan speed boat, tujuan kita adalah Tanjung Medang, ibukota kecamatan Rupat Utara. Pilihan kedua, kita bisa menggunakan jalur darat, dengan menyeberang dengan menggunakan Roll On Roll Out/ roro dari Dumai. Kapal akan bersandar di pelabuhan Tanjung Kapal, kecamatan Rupat.

IMG_1758

Setelah di pagi hari saya melihat keindahan matahari terbit dari pantai Pesona. Sore hari, saya berjalan kearah barat dari pantai Pesona. 3 km dari pantai terdapat dua buah mercusuar. Mercusuar ini merupakan penanda bagi kapal-kapal yang berlayar di perairan internasional antara Indonesia dan Malaysia.IMG_1733

Dua mercusuar yang berada di sisi barat pulau Rupat, memiliki tinggi yang berbeda. Perbedaan tinggi ini menunjukkan periode mercusuar dibangun.

Mercusuar yang berukuran kecil, dibangun pada saat penjajahan Jepang di Indonesia, sedangkan mercusuar yang tinggi dibangun pada setelah Indonesia merdeka. Tujuan Jepang membangun menara mercusuar di pulau Rupat untuk mengawasi pergerakan kapal-kapal perang sekutu di Selat Malaka.

IMG_1791

Dari puncak mercusuar , rumah-rumah penduduk di kecamatan Rupat Utara dan ujung pantai Pesona terlihat jelas. Jika sedang beruntung. Port Dickson, Malaysia pun dapat terlihat jelas dari atas mercusuar. Dari mercusuar, saya bergeser kearah pelabuhan laut yang berada di depan mercusuar. Pelabuhan ini menghadap sisi barat pulau Rupat. Dari pinggir pelabuhan, saya bisa melihat matahari tenggelam. Semburat oranye dari matahari yang akan kembali ke peraduan. Mata saya semakin dimanjakan dengan pemandangan nelayan-nelayan pulau Rupat yang berangkat berlayar mencari ikan disekitar pulau-pulau di sisi barat Rupat. Potongan adegan film-film arahan Michael Bay langsung memenuhi pikiran saya. Indah.

IMG_1798

Dengan potensi yang dimiliki, sangat disayangkan jika masyarakat Riau tidak mencoba bertetirah di Pulau Rupat. Menikmati keindahan pulau ini. BAW

Check Also

Pulau Pamutusan

Eksotisnya Pulau Pamutusan

Lensawisata.com, Dari pulau Pagang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kapal yang saya tumpangi bergerak menuju sebuah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *