Friday , September 22 2017
Breaking News
Home / RUANG NUSANTARA / Godaan Pasir Putih Pulau Pagang
Pulau Pagang_lensawisata.com

Godaan Pasir Putih Pulau Pagang

Lensawisata.com, Suara mesin kapal membelah pagi yang sunyi. Matahari yang akan naik keperaduan terhalang tirai awan kelabu. Hujan dari malam hingga subuh ternyata belum mampu membuka tirai itu. Gelombang Samudra Hindia pagi itu tenang, saya seraya sedang berada diatas buaian.

selamat datang di Pulau Pagang

30 menit sudah berlalu saat saya meninggalkan pantai Sungai Pinang, pantai berpasir putih dengan air laut berwana biru kehijauan pelan-pelan berganti dengan air laut berwarna biru pekat. Sungai Pinang merupakan salah satu kanagarian yang berada di Pesisir Selatan. Letak dari Sungai Pinang berada di Kecamatan Koto XI Tarusan., Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Sisi timur dari pulau Pagang, Sumatera Barat

Kapal kami berlayar kearah barat laut dari Sungai Pinang. Pulau yang menjadi tujuan sudah terlihat. Kapal menurunkan kecepatan sembari menyusuri sisi timur pulau menuju pelabuhan kayu yang berada di tepi pantai. Terumbu karang kasat mata terlihat dari atas kapal. Pasir putih bertekstur lembut sudah menggoda saya untuk dipijak.

Pantai berpasir putih di Pulau Pagang, Sumatera Barat

“Pulau Pagang” papan petunjuk berukuran besar sudah terlihat dari bibir pantai. Inilah nama dari pulau yang berada di tepi samudra Hindia ini. Pulau seluas kurang lebih 10 Ha sekarang menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Sumatera Barat. Berpasir putih, dengan terumbu karang serta ikan-ikan karangnya menjadi salah satu alasan kenapa pulau ini menjadi ramai dikunjungi. Dua ekor anjing berlarian menyambut saya, mereka berasal dari rumah penjaga pulau. Anjing-anjing ini begitu ramah dengan manusia karena seringnya pulau Pagang dikunjungi.

Gazebo di Pantai Pulau Pagang

Jika ingin menginap di pulau Pagang, terdapat 5 bungalow yang bisa disewa. Dengan tarif permalam Rp 350.000,-. Jika bungalow terlalu mahal, kita bisa berkemah di tepi pantai. Dengan Rp 35.000, permalam biaya sewa tempat, jika kita ingin merasakan sensasi berkemah di tepi laut. Untuk biaya sandar kapal, Rp 25.000 per kepala yang kita bayar kepada penjaga pulau.

Pohon-pohon kelapa di tepi pantai Pulau Pagang, Sumatera Barat
Pohon-pohon kelapa di tepi pantai Pulau Pagang, Sumatera Barat

Dari tepi pantai berpasir putih dengan tekstur yang lembut, saya menuju sisi timur pantai. Terumbu karang yang terlihat dari atas kapal, menjadi tujuan selanjutnya. Dengan menggunakan kacamata selam, hamparan terumbu karang yang sejak kedatangan di pulau membuat penasaran menjadi terlihat jelas. Pantai timur di pulau Pagang menjadi salah satu daya tarik pulau. Terumbu karang di sisi timur kondisinya baik. Ikan-ikan karang berwarna warni banyak terdapat disini.

Pulau Pagan dilihat dari bukit Pulau Pamutusan, Sumatera Barat
Pulau Pagan dilihat dari bukit Pulau Pamutusan, Sumatera Barat

Namun, hati-hati saat mengamati pemandangan bawah laut pulau Pagang. Empat meter dari hamparan terumbu karang terdapat turunan sedalam 10 meter. Jika panik kemungkinan tenggelam menjadi besar.

pemandangan bawah laut pulau Pagang, Sumatera Barat

 

Ikan karang di perairan pulau Pagang, Sumatera Barat

Patahan terumbu karang di tepi pantai Pulau Pagang

Jembatan kayu di pulau Pagang yang menghadap pulau Sumatera

Sampai pukul 09.00 WIB di pulau Pagang, awan tebal masih menutupi matahari. Pagi ini saya kurang beruntung tidak bisa melihat matahari terbit dari sisi pulau Sumatera. Tetapi, hati saya terhibur dengan keindahan dari pulau Pagang, pasir putih dan terumbu karang pulau ini begitu menggoda.

 

Check Also

Pulau Pamutusan

Eksotisnya Pulau Pamutusan

Lensawisata.com, Dari pulau Pagang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kapal yang saya tumpangi bergerak menuju sebuah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *