Wednesday , September 20 2017
Home / RUANG NUSANTARA / Tujuh Bukit Penyesalan di Gunung Merbabu
Gunung Merbabu

Tujuh Bukit Penyesalan di Gunung Merbabu

Lensa Wisata, Gunung Merbabu. Perjalanan kali ini, berawal dari terminal bus Jombor. Yogyakarta. Saat ini, di Terminal Jombor, penuh dengan bus-bus dengan tujuan yang beragam. Tidak berapa lama menunggu, terdengarlah teriakan kernet “ Magelang, Magelang”. Para penumpang yang sedari tadi menunggu bus bergegas menuju bus dan mengisi tempat- tempat yang masih kosong.

Dalam perjalanan menuju Magelang, saya akan melewati kawasan Muntilan. Daerah saat Gunung Merapi meletus tahun 2010, terkena dampak yang besar karena hujan abu dan juga dampak dari aliran lahar dingin. Landskap kota ini sebagian berubah. Di Terminal Magelang, saya menganti bus dengan tujuan Salatiga, tujuan selanjutnya adalah Desa Cunthel, Desa terakhir untuk menuju Gunung Merbabu. Saya lebih memilih jalur Cunthel. Karena di jalur ini, terdapat mata air yang melimpah, dan jalur yang lebih dekat menuju Puncak serta variasi pemandangan yang lebih beragam.

Raungan motor ojek, menaiki tanjakan demi tanjakan menjadi bagian dari perjalanan menuju desa Chuntel setelah sebelumbya saya turun di perempatan Umbul Songo. Setelah melapor di Base Camp, Maka di mulai lah perjalanan menikmati Gunung ini.

1. Base Camp – Pos Bayangan 1 – Pos Bayangan 2 ( 1600mdpl – 2063 mdpl ) :
Dari Base Camp, kita akan berjalan melintasi ladang ladang penduduk, setelah melewati ladang sayur. Kita akan di sambut hutan pinus yang menjadi bagian dari vegetasi Gunung ini. Jalur pendakian di dominasi tanjakan, namun belum terlalu terjal.. Lama perjalanan dari Base Camp menuju Pos Bayangan 1, sekitar 1 jam perjalanan. Dan dari pos Bayangan satu menuju pos Bayangan dua dibutuhkan waktu satu jam perjalanan. Pos bayangan dua adalah tempat untuk mengisi air.

2. Pos Bayangan 2 – Pos Watu Putut/Pos 1- Pos Kedokan ( 2063 mdpl – 2143 mdpl-2300 mdpl )
Dari Pos Bayangan 2, perjalanan di lanjutkan kembali. Jalur mulai berubah menjadi tanjakan yang rapat. Dan jalur pun sudah berubah menjadi alur air. Dibutuhkan waktu satu jam dari Pos Bayangan dua menuju pos Watu Putut. Dari Watu Putut menuju pos Kedokan, dibutuhkan waktu satu jam perjalanan, dengan jalur yang semakin menanjak.

Gunung Merbabu

3. Pos Kedokan/Pos 2 – Pos Turgo Pasar/ Pos 3- Pos Pemancar ( 2300 mdpl -2458 mdpl -2883 mdpl) :
Jika kita berjalan sekitar 30 menit perjalanan dari pos 2, tibalah kita di pos 3. Pos ini dikenal dengan nama Turgo Pasar. Jika kita mengalihkan pemandangan di sebelah kanan dari jalur yang ada. Kita akan melihat jalur pendakian dari Desa Wekas. Pos 3 ini, merupakan punggungan yang luas. Kita bisa menempatkan 40 tenda di kawasan ini. Di sini kita bisa menikmati indah nya matahari tenggelam. Dari pos tiga dibutuhkan waktu 1 jam 30 menit menuju pos 4. Di pos empat ini, vegetasi mulai berubah, terdapat bunga edelweiss, bunga abadi tumbuh diantara semak semak yang mendominasi pos empat.

4. Pos Pemancar/ Pos 4 – Puncak Syarif – Puncak Kenteng Songo ( 2883-3119-3156 mdpl)
Pukul 03.00 WIB, di mulai lah perjalanan saya. Kali ini, perjalanan menuju puncak di temani dengan dingin nya angin gunung yang berhembus. Termometer di jam saya menunjukkan suhu 10 derajat Celcius. Dan jalur pun berubah. Tanjakan yang di kenal dengan nama “ Jembatan Setan” sudah menanti di depan saya. Penamaan jembatan setan karena di kiri kanan kita ada jurang dengan kedalaman 200 meter. Jika salah melangkah malaikat maut sudah menanti kita.

Napas mulai berat, karena sudah berada di ketinggian 2900 mdpl. Kadar oksigen 2/3 dari kapasitas yang bisa di ambil paru paru. Jika kita berjalan di siang hari. Dari pos 4. Kita akan dapat dengan mudah nya menghitung jumlah punggungan yang nanti akan kita daki. Ada sekitar 7 punggungan dari pos 4 menuju Puncak Kondisi ini mirip dengan tanjakan legendaris yang berada di Gunung Rinjani. Yang dikenal dengan 7 bukit penyesalan. Karena itulah, ada beberapa pendaki yang menjuluki Gunung Merbabu ini dengan “Rinjani” nya Jawa Tengah.

Dibutuhakan dua jam setengah untuk menuju puncak Syarif, gunung Merbabu memiliki dua puncak. Syarif dan Kenteng Songo, Sedangkan untuk menuju Kenteng Songo saya harus berjalan lagi sekitar satu jam dari puncak Syarif.

5. Puncak Kenteng Songo- Selo ( 3156 mdpl – Pulang ) :
Dari Puncak Kenteng Songo, saya mengambil jalan ke kiri. Saya menuju Selo. Jalur ini adalah jalur pulang dengan pemandangan sangat indah. Karena terdapat padang savanna yang luas disini. Sekali lagi saya memulai perjalanan yang panjang menuju pulang. (BAW)

Check Also

Pulau Pamutusan

Eksotisnya Pulau Pamutusan

Lensawisata.com, Dari pulau Pagang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kapal yang saya tumpangi bergerak menuju sebuah ...