Wednesday , October 18 2017
Breaking News
Home / RUANG NUSANTARA / Kampung Vietnam di Indonesia
kampung vietnam

Kampung Vietnam di Indonesia

Lensawisata.com, Sinar mentari pagi yang cukup terik menemani kami mengunjungi salah satu tujuan wisata di Kota Batam, kampung vietnam yang berada di Pulau Galang. Kampung ini merupakan tempat pengungsian para warga Vietnam pada tahun 70-an dikarenakan terjadinya perang saudara di negaranya tersebut.

Atas persetujuan dari pemerintah Indonesia, UNHCR (United Nation High Commission for Refugees,) membangun pusat pemukiman sementara pengungsi seperti barak, sekolah, rumah sakit, tempat ibadah. Tahun demi tahun para pengungsi mulai meninggalkan pulau galang ini, dan pada tahun 1996 para pengungsi sudah tidak berada lagi di pulau tersebut. Namun, penginggalan-peninggalan mereka masih bisa kita jumpai di Pulau ini.

Peta Lokasi Pulau Galang – Batam

Dalam perjalanan ini, saya hampir tidak menemukan jalan yang jelek dan tikungan yang tajam. Kondisi jalan mulus dan lurus. Ditambah hembusan angin yang membuat mata ini menjadi kantuk dan hasrat ingin rehat sejenak dan merebahkan diri terasa kuat. Waktu yang saya tempuh selama perjananan ini kurang lebih selama 90 menit. Menyusuri deretaan-deretan jembatan barelang, mulai dari jembatan 1 (Jembatan Tengku Fisabilillah) hingga berakhir di jembatan VI (Jembatan Raja Kecil). Suasana terasa agak merinding ketika melewati pos penjagaan, gedung-gedung tua yang sudah tak berpenghuni, semak belukar dan pepohonan besar mengelilingi tempat ini.

Begitu melewati gerbang, terlihat sebuah patung perempuan terkulai berwarna putih, kecil, dan menggambarkan seorang perempuan yang duduk. Patung ini dibuat oleh para pengungsi yang menaruh simpati dan menjadi monumen untuk mengenang tragedi kemanusiaan. Seorang wanita Vietnam bernama Tinh Han Loai bunuh diri setelah diperkosa sesama pengungsi. Patung tersebut dikenal dengan Patung Humanity Statue. Tidak jauh dari Patung ini, kita bisa melihat makam-makam para pengungsi yang meninggal selama di pengungsian yang berada pada komplek pemakaman Ngha Trang Grave.

Jangan lupa membawa makanan-makanan seperti kacang atau lainnya, selama menyusuri kampung ini kita menemukan sekawanan monyet yang mondar mandir menanti para wisatawan yang datang di kampung ini unuk memberinya makanan.

Terdapat dua perahu besar di kampung ini yang menjadikannya itu sebagai monumen keberadaan para orang-orang vietnam yang pernah mengungsi di pulau galang. Selain itu, kita juga bisa jumpai bangunan gereja yang menjadi tempat beribadah para pengungsi, pos pengunsi serta barang-barang peninggalan mereka yang tersusun rapi di museum kampung vietnam ini. (FA)

Check Also

Pulau Pamutusan

Eksotisnya Pulau Pamutusan

Lensawisata.com, Dari pulau Pagang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kapal yang saya tumpangi bergerak menuju sebuah ...

One comment

  1. wah…ternayata ada ya di Batam….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *