Friday , September 22 2017
Breaking News
Home / LIFE STYLE / Kopi Klasik Untuk Hari Kopi
segelas-kopi-hitam-untuk-hari-kopi-internasional-copy

Kopi Klasik Untuk Hari Kopi

Lensawisata.com, Setiap tanggal 1 Oktober, diperingati sebagai hari kopi internasional. Penetapan tanggal 1 sebagai hari kopi Internasional didasari untuk merayakan perjalanan kopi dari kebun kopi hingga diolah menjadi minuman kopi yang kita jumpai di kedai kopi saat ini.

teko-besar-yang-selalu-panas-untuk-penyajian-segelas-kopi-ala-hainam-copy

Hari Kopi Internasional juga ditetapkan sebagai wujud penghargaan untuk para petani kopi yang telah menanam, merawat, hingga memanen biji kopi. Selain itu, Hari Kopi Internasional dilakukan sebagai perayaan adanya keragaman, kualitas, dan budaya kopi. Kekayaan kopi ini adalah kekayaan Pariwisata Indonesia. Untuk kota Pekanbaru, perayaan hari kopi kali ini dipusatkan di area komplek Perkantoran Mega Asri, Jalan Arifin Ahmad. Tema hari kopi di kota Pekanbaru adalah mengkopikan Pekanbaru. Ada 1000 gelas kopi gratis yang diberikan kepada pengunjung, kopi-kopi ini berasal dari barista-barista yang ada di kota Pekanbaru.

segelas-kopi-hitam-untuk-hari-kopi-internasional-copy

Berbicara mengenai segelas kopi yang sekarang menjadi tren bagi anak-anak muda. Kita akan mendengar metode menyeduh seperti v60 ataupun Vietnam drip. Anak-anak muda kota Pekanbaru, dengan mulai berani menyampaikan bahwa di kopi yang mereka minum memiliki rasa nangka, rasa kayu manis, rasa kayu bakar, dan lain sebagainya.

segelas-kopi-ala-hainam-di-kedai-kedai-kopi-di-pekanbaru-copy

Namun,jika anda ingin mendapatkan suasana kopi seduh yang terinpirasi dari kisah para imigran. Cobalah berkunjung ke kedai-kedai kopi yang berada di sepanjang pesisir timur Sumatra. Kota dimana komunitas Tionghoa dari abad ke 18 merantau dan merintis hidup. Salah satu cara para imigran ini merintis hidup dengan cara membuka kedai kopi. Mereka membawa tradisi leluhur mereka dalam menyeduh kopi, metode ini dikenal dengan istilah Hainan style. Penamaan Hainan karena sebagian besar pemilik kedai kopi pada zaman dahulu adalah perantau dari Hainam, China.gelas-gelas-keramik-yang-digunakan-untuk-membuat-segelas-kopi-copy

 

Secara sederhana, kopi ala Hainan adalah metode membuat kopi yang disaring dengan saringan berbentuk kaus kaki. Bubuk kopi yang berada di saringan akan disiram terlebih dahulu dengan air panas. Ada kedai kopi yang menggunakan satu kali penyaringan, ada yang dua kali, dan ada yang tiga kali. Tergantung selera. Selain menggunakan saringan, pada kopi hainam gelas keramik yang digunakan akan disiram dengan air panas terlebih dahulu, tujuannya, agar cita rasa kopi yang dihidangkan panas tidak hilang.

Rasa kopi Hainan agak sedikit berbau gosong, bau ini berasal dari penggunaan air panas diatas suhu yang biasanya nya digunakan untuk membuat secangkir kopi panas, yaitu 90 derajat celcius. Namun, bagi para penikmat kopi generasi 80-an dan sebagian 90-an, cita rasa ini yang mereka cari.

iklan-iklan-klasik-yang-dapat-ditemukan-di-kedai-kedai-kopi-di-pekanbaru-copy

Di Kota Pekanbaru, hainam style masih bisa dengan mudahnya kita lihat. Kedai-kedai kopi seperti Kim Teng, Laris, Sahabat, Liana,Nikmat dan lain sebagainya. Kedai-kedai kopi ini setiap pagi hingga sore menyajikan segelas kopi panas yang dihidankan kedalam cangkir keramik. Jika anda menyenangi suasana tempo dulu, rumah toko/ruko buatan tahun 1980-an sampai 1990-an tempat kedai-kedai kopi berada adalah saksi bisu perkembangan kota Pekanbaru. Anda bisa melihat iklan-iklan lama yang dahulu ada di Pekanbaru, meja-meja tua dari batu granit, dengung dan derit kipas angin tua, dan gelas-gelas keramik yang sudah mulai retak. Cita rasa tua dari kota Pekanbaru ada disini. Kedai-kedai ini menjadi salah satu destinasi menarik kota Pekanbaru yang sayangnya belum digarap maksimal.

Menikmati segelas kopi Hainam di Kota Pekanbaru. Ada sebuah citra rasa klasik dalam memperingati hari kopi Internasional. *BAW

Check Also

Lomba Foto #RiauTheHomelandOfMelayu

Lomba Foto #RiauTheHomelandOfMelayu

LOMBA FOTO  INSTAGRAM #RiauTheHomelandOfMelayu TEMA: RIAU HOMELAND OF MELAYU KATEGORI Ragam Budaya Riau Air Terjun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *