Tuesday , November 21 2017
Breaking News
Home / LIFE STYLE / Godaan Lidah Kuliner Anambas di Pulau Terempak
kuliner anambas pulau terempak
Kopi susu panas dan beberapa luti gendang menyambut pagi di Terempak - (Foto: BAW)

Godaan Lidah Kuliner Anambas di Pulau Terempak

Lensa Wisata, Kabupaten Kepulauan Anambas adalah salah satu kabupaten yang berjarak jauh dari ibukota Provinsi Kepulauan Riau, 150 mil laut, kurang lebih delapan belas jam menggunakan kapal laut atau sepuluh jam dengan menggunakan feri. Meskipun berada dekat dengan laut China Selatan, kabupaen yang baru berumur lima tahun ini, memiliki banyak potensi yang sampai saat ini, belum diangkat dengan maksimal. Beberapa potensi yang dimiliki kabupaten ini adalah keindahan lanskap, keramahan masyarakat, keunikan budaya, dan nikmatnya kuliner yang ada.

Jika anda sedang berada di ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas, Terempak, setelah subuh,bergegaslah keluar kamar dan berkunjung ke kedai-kedai kopi yang ada di pusat kota. Di kedai-kedai kopi ini, hidangan sarapan khas Anambas, bisa dengan mudah ditemukan. Hidangan sarapan yang cocok ditemani dengan segelas kopi susu panas.

kuliner anambas pulau terempak
Kopi susu panas dan beberapa luti gendang menyambut pagi di Terempak – (Foto: BAW)

Matahari belum keluar dari peraduan saat saya berjalan kearah pelabuhan ikan Terempak. Suasana di pasar ikan ramai dengan para pedagang yang menjual ikan tongkol dan cumi-cumi. Di depan pelabuhan, terdapat sebuah kedai kopi yang menjual berbagai macam menu sarapan khas kota Terempa. Kedai kopi berlantai kayu ini memiliki buffet tua yang setiap paginya penuh dengan berbagai macam ragam menu sarapan yang diantarkan oleh para pedagang. Karena hanya dibatasi oleh jalan semen selebar dua setengah meter. Suara teriakan dari para pedagang berbaur dengan suara senda gurau para pengunjung kedai kopi. Riuh seperti suara tetabuhan.

Karena jauh dari daratan, kuliner Anambas memiliki keunikan tersendiri. Ada beberapa makanan khas yang hanya ditemui di pulau ini. Selain itu, karena dikelilingi oleh lautan. Masakan Anambas didominasi oleh ikan. Jangan khawatir, amisnya ikan tidak tercium dari masakan-masakan ini.

Segelas kopi susu yang diletakkan dalam gelas keramik yang dijuluki gelas “retak seribu” dihidangkan. Saya akan menceritakan beberapa masakan khas Anambas yang hanya ditemui pada kedai-kedai kopi di Terempak .

a. Luti Gendang
Luti gendang adalah salah satu menu sarapan yang ada di Terempak. Penamaan luti gendang berasal dari dialek pelafalan masyarakat Tionghoa. Luti berasal dari kata roti. Saat itu, masyarakat Tionghoa tidak lancar melafalkan huruf r, sedangkan gendang, berasal dari kata rendang, yang dalam bahasa Terempak yang artinya digoreng.

Luti gendang adalah roti goreng yang selama ini kita kenal. Perbedaan roti goreng di Anambas dengan roti goreng yang biasanya kita makan adalah jika roti goreng biasanya diisi dengan kelapa berbalut gula merah atau dengan kacang hijau. Luti gendang menggunakan isi yang terbuat dari ikan, ikan yang digunakan adalah ikan tongkol atau dalam bahasa Terempak disebut dengan si mbok. Ikan tongkol yang digunakan sebagai isii luti gendang dimasak terlebih dahulu seperti kita membuat abon. Ikan ini dimasak hingga kering bersama dengan bumbu bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe.

Tekstur luti gendang lembut, hal ini karena sebelum digoreng, luti adonan luti dibiarkan mengembang terlebih dahulu. Luti gendang memiliki warna kuning kecoklatan yang menggugah selera. Saat lidah saya mencicipi luti gendang, rasa manis singgah sebentar ke lidah, rasa ini datang dari campuran gula turut dicampur bumbu yang dihaluskan. Rasa manis pedas bergabung dengan tekstur lembut dari daging ikan tongkol. Perpaduan dua rasa ini membuat tangan saya sulit berhenti untuk terus mencicipi luti ini.

b. Nasi dagang
Nasi dagang merupakan menu sarapan yang ada di kedai-kedai kopi di Terempak. Nasi dagang adalah nasi yang dimasak bersama santan, nasi dagang mirip seperti nasi uduk. Yang menjadi perbedaan antara nasi dagang dengan nasi uduk adalah nasi dagang disiram dengan kuah gulai. Kuah gulai yang disiram diatas nasi dagang ringan, tidak kental seperti kuah gulai yang biasanya kita makan.

Nasi dagang disajikan dengan menggunakan bungkus yang terbuat dari daun pisang dan dibungkus seukuran kepalan tangan. Nasi dagang, diantarkan ke kedai-kedai kopi di Terempak saat masih panas. Sehingga, bau harum dari daun pisang berpadu dengan bau rempah rempah yang digunakan di kuah gulai. Menggoda selera.

Sesuap nasi dagang, singgah kedalam mulut. Si mbok/ikan tongkol yang dimasak pedas juga turut singgah. Ikan tongkol dimasak pedas adalah lauk dari nasi dagang. Gurihnya nasi berpadu dengan ikan tongkol pedas manis yang bertekstur lembut di dalam mulut.

kuliner anambas terempak
Mie Terempak dengan bumbu khas melayu – (Foto: BAW)

c. Mie Terempak
Mie Terempak, adalah menu terakhir yang saya coba di kedai kopi ini, Mie Terempak merupakan salah satu ikon kota Terempak selain Lakse/Laksa. Cara masak mie ini sederhana, yaitu digoreng bersama bumbu bumbu seperti cabe, bawang putih, bawang merah, dan bumbu penyedap. Ada dua mahzab dalam penyajian mie ini, lembap dan kering. Lembap maksudnya, mie ini dimasak basah, ada sedikit tambahan kuah. Sedangkan dimasak kering maksudnya adalah tidak menggunakan tambahan kuah sama sekali.

Mie yang digunakan dalam mie Terempa ini, memiliki bentuk yang berbeda dengan mie kuning yang biasa digunakan panjang dan berukuran besar-besar. Mie Terempa cendrung pendek, bewarna abu abu dan kenyal.
Rencah/ campuran yang digunakan dalam mie ini adalah ikan tongkol, telur yang dimasak orak arik, serta tauge.

Campuran yang sederhana namun menggoda selera. Ikan tongkol yang kenyal berpadu dengan telur orak arik yang bercampur dengan bumbu yang sudah ditumis terlebih dahulu. Walaupun berwarna kemerahan, mie terempa tidak pedas hingga mengeluarkan keringat. Mie ini masih nyaman dilidah. Tanpa sadar, sepiring mie ini masuk kedalam perut.

Tiga hidangan ini adalah beberapa hidangan khas yang dapat ditemui di kedai-kedai kopi di Kota Terempak. Selain tiga makanan ini, terdapat juga otak otak, kueh kesturi dan lainnya. Hidangan-hidangan yang menggoda lidah dan menggugah selera ini sayangnya belum terlalu dikenal. (BAW)

Check Also

kampar kiri hulu

Penggoda Lidah dari Kampar Kiri Hulu

Lensawisata.com, Penggoda Lidah dari Kampar Kiri Hulu, – Desa Batu Songgan adalah salah satu desa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *