Wednesday , October 18 2017
Breaking News
Home / RUANG NUSANTARA / Mengenal Sejarah Presiden Pertama Indonesia di Kota Blitar
DOD_2669-629x416

Mengenal Sejarah Presiden Pertama Indonesia di Kota Blitar

Lensawisata.com, Blitar adalah sebuah kota yang berada di ujung wilayah selatan Provinsi Jawa Timur dengan daerah yang cukup sejuk karena berada di kaki Gunung Kelud. Kota ini memiliki moto “Blitar Kota Patria” yang berarti Blitar Kota Pembela Tanah Air yang tertib, rapi, indah dan aman.

Mengenang Blitar sangat tidak lepas dari sejarah. Presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno dimakamkan di kota ini pada tanggal 21 Juni 1970. Berbagai peninggalan Soekarno dapat Anda temui di kota ini. Presiden Soekarno yang sering dipanggil Bung Karno adalah presiden pertama Indonesia. Selama memerintah, banyak kisah kehidupan Bung yang menjadi inspirasi.

Jika anda berkunjung ke Kota Blitar, tidak ada salahnya untuk menginap beberapa har. Ada beberapa lokasi wisata sejarah yang dapat Anda kunjungi. Untuk penginapan jangan khawatir karena ada beberapa hotel, villa atau cottage yang disewakan. Beberapa tempat yang dapat menambah pengetahuan Anda akan sejarah diantaranya :

  1. Makam Bung Karno

Makam ini sangat ramai dikunjungi wisatawan pada hari libur, terletak di Jl. Kalasan, Kelurahan Bandogerit, Blitar. Dalam perjalanan dari perpustakaan dan makam terdapat kolam yang memanjang. Di sepanjang tembok terdapat relief yang menggambarkan perjalanan hidup Bung Karno.

Makam ini berada di sebuah bangunan joglo dengan kombinasi gerbang Candi Bentar. Selain makam Bung Karno, di sini juga terdapat makam Adipati Aryo pendiri Kota Blitar dan Pasanggrahan Djojodigdan seorang tokoh perjuangan.

cimg5683Sumber : indonesiacayo.com

Setelah selesai berziarah kemakam bung Karno, kita akan melewati pasar kerajinan dan oleh-oleh. Berhentilah sejenak untuk membeli buah tangan.

 

  1. Perpustakaan Nasional Blitar

Letaknya satu kawasan dengan makam Bung Karno dan berada di sebelah selatan. Diresmikan tanggal 3 Juli 2004 oleh Megawati Soekarno Putri. Halaman perpustakaan terdapat tiang yang besar dan patung Bung Karno seperti sedang membaca buku.

Museum-Bung-Karno-iberitasumber: 1.bp.blogspot.com

Perpustakaan ini memiliki berbagai koleksi buku. Di gedung A timur khusus koleksi Bung Karno, diantaranya terdapat koleksi referensi, terbitan berkala, umum dan lain-lain. Di gedung B utara terdapat koleksi untuk anak dan remaja.Didalam pustaka. Kita dapat membaca dan melihat berbagai koleksi buku. Suasananya juga tenang , cocok untuk orang yang ingin bersantai sembari menyendiri.

Disebelah kanan gedung B perpustakaan ada sebuah tangga yang membawa kita ke Gong Perdamaian. Gong ini adalah gong raksasa bergambar bola dunia yang dikelilingi simbol agama dan bendera 116 negara. Wujud persaudaraan dan pemersatu bangsa yang tergabung dalam World Peace Gong.

 

  1. Museum Bung Karno

Letaknya berdampingan dengan perpustakaan, tepatnya di gedung A barat. Museum ini menyajikan benda-benda peninggalan sejarah Bung Karno diantaranya lukisan, uang seri tahun 1974 dan berbagai foto. Ada sebuah misteri lukisan Soekarno yang jika dilihat dari samping seperti bergerak, berdenyut dibagian jantungnya sehingga dinamakan lukisan hidup. Banyak wisatawan yang penasaran dan ingin membuktikannya.

 

  1. Istana Gebang

Istana Gebang adalah rumah Bung Karno saat masih kecil. Istana dengan luas 1,5 hektar ini berisi banyak peninggalan Bung Karno mulai dari perabotan kamar, dan lain-lain. Koleksi yang masih terawat dengan baik. Lokasi istana ini berada di Jalan Sultan Agung No.69 Kota Blitar. Untuk mencapai istana ini. Kita dapat menggunakan becak . Kita akan diantar sampai ke gerbang istana. Di dalam istana terdapat berbagai perabotan, foto dokumentasi, meja kerja, dan mobil yang digunakan Bungkarno.

DOD_2669-629x416

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di kota Blitar. Buat anda ingin berwisata di Blitar, anda bisa temukan banyak penginapan dan hotel di Blitar dengan harga terjangkau di situs Traveloka.

Check Also

Pulau Pamutusan

Eksotisnya Pulau Pamutusan

Lensawisata.com, Dari pulau Pagang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kapal yang saya tumpangi bergerak menuju sebuah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *