Friday , September 22 2017
Breaking News
Home / RUANG NUSANTARA / Senja di Pantai Walakiri
pantai walakiri
Pantai Walakiri saat matahari tenggelam di Pantai Walakiri, Sumba Timur. (BAW, Lensawisata.com)

Senja di Pantai Walakiri

Lensawisata.com, Senja di Pantai Walakiri, – “ Dorang salah jalan, putar arah sudah, ini bukan ke Walakiri”, ujar seorang anak berseragam Sekolah Dasar/SD yang sedang berteduh di bawah pohon tepi Jalan Lintas Rende-Waingapu. “ Dorang putar balik, nanti bisa ba tanya lagi” sambungnya. Dorang adalah sapaan khas di Sumba untuk menyatakan anda. Siang itu, matahari bersinar dengan terik di pulau Sumba. Kulit tangan saya rasanya melepuh. Sudah satu jam motor saya menelusuri jalan lintas Rende-Waingapu. Namun, tujuan saya belum terlihat.

Walakiri adalah nama salah satu pantai di Kabupaten Sumba Timur. Pantia ini berjarak satu jam perjalanan dari Waingapu, ibukota kabupaten Sumba TImur. Walakiri adalah salah satu pantai yang harus anda kunjungi saat di Pulau Sumba. Letak dari pantai Walakiri, di belakang rumah tradisional nelayan pulau Sumba.

Empat puluh menit berkendara dari tempat saya bertanya, saya masih belum melihat letak dari pantai Walakiri. Sebuah warung makan yang berada di kiri jalan lintas Rende-Waingapu menjadi tempat perhentian saya selanjutnya. Warung makan ini dikelola oleh pasangan suami isteri yang berasal dari pulau Savu Kecil. Sebuah pulau yang berada di selatan pulau Sumba. Sang suami, menjelaskan kepada saya letak dari pantai Walakiri.“ Dorang lihat pohon kelapa yang seperti berbaris itu?“ ujarnya sembari menunjuk ke arah barat. Mata saya mengikuti arah telunjuknya “Itulah pantai Walakiri” sambungnya sembari tersenyum lebar. Segelas kompi Sumba menjadi teman istirahat siang itu.

Sepuluh menit dari warung setelah melewati jalan makadam. Saya menjejakkan kaki di pantai Walakiri. Motor yang saya sewa dari Waingapu, saya sandarkan dekat pohon kelapa.

Pasir pantai dengan tekstur halus seperti bedak terasa di kaki. Di sebelah timur, semburat oranye dari matahari yang akan turun keperaduan terlihat jelas. Sore itu, pantai Walakiri tiada pengunjung yang datang selain saya. Di sebelah Utara, diseberang laut. Gunung Ende terlihat samar –samar. Sore itu, mata saya dimanjakan dengan lanskap yang indah.

Seratus meter dari bibir pantai Walakiri, ada pemandangan yang memancing rasa penasaran. Terlihat bakau-bakau yang menyerupai liukan penari, bakau-bakau ini berdiri dengan gemulai. Bakau-bakau di tepi pantai menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Walakiri. Air laut yang terperangkap pada lubang-lubang di pasir memantulkan bayangan bakau. Saya berada di Walakiri sampai matahari tenggelam sempurna diufuk timur. Walakiri, salah satu pantai yang wajib dikunjungi di pulau Sumba. (BAW)

Check Also

Pulau Pamutusan

Eksotisnya Pulau Pamutusan

Lensawisata.com, Dari pulau Pagang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kapal yang saya tumpangi bergerak menuju sebuah ...

One comment

  1. Ada kontak sewa motor di sumba kmrin kk? Brp biaya sewa nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *