Home / INFO KITA / Pertolongan Pada Smartphone Basah
smartphone basah
Pertolongan pada smartphone basah (foto: amgoo)

Pertolongan Pada Smartphone Basah

Lensa Wisata, Pernah smartphone basah? gadgetnya terkena air? atau malah kecebur? kebanyakan orang akan panik luar biasa. Ketakutan rusak batrenya, memorinya, lcdnya, hilang datanya, bahkan mati total itu pasti menghantui kita ketika gadget kita terkena air. Jangan panik, brdasarkan informasi yang kami kutip dari situs merdeka.com, ada beberapa tips atau cara memberbaiki gadget atau handphone yang terkena air yang bisa anda coba. berikut beberapa tips dan cara memperbaiki hp yang terkena air :

1. Pertolongan pertama yang harus anda lakukan, jika hp anda yang terkena air masih hidup segera nonaktifkan hp anda dan jika hpnya langsung mati pada saat terendam atau terkena air jangan langsung anda hidupkan. hal ini untuk menghindari terjadinya konsleting atau hubungan arus pendek pada hp anda yang bisa merusak IC dan komponen lainnya pada hp kesayangan anda.

2. Langkah selanjutnya lepas baterai, kartu sim dan memori dari hp anda. keringkan baterai, kartu sim dan memori tersebut lap dengan kain atau handunk sampai benar-benar kering.

3. Keringkan hp anda, sangat disarankan menggunakan penyedot debu untuk menyedot air yang ada dalam perangkat ponsel anda. tapi disarankan untuk tidak terlalu dekat dari perangkat untuk meminimalisir kerusakan komponen dari aliran listrik statis dari alat penyedot debu tersebut. selain itu bisa juga dengan kain lap yang bersih sampai benar-benar kering. jangan sekali-kali menggunakan hair dryer atau pengering rambut karena bukannya kering yang ada air tersebut terdorong ke dalam ponsel anda.

smartphone basah

Pertolongan pada smartphone basah (foto: amgoo)

4. Jika hp anda sudah benar-benar kering, cas baterai hp anda dengan charger desktop sampai penuh dan pasangkan kembali baterai, kartu sim dan memori ke perangkat ponsel anda dan coba nyalakan kembali anda.

5. Jika masih belum nyala, anda bisa mencoba dengan merendamnya ke dalam beras. beras merupakan bahan alami yang efektif menyerap air. anda bisa melakukannya dengan menaruh hp anda ke dalam beras tersebut, diamkan selama 1 hari lebih lama lebih baik lagi.
6. Setelah itu coba anda bersihkan ulang komponen hp anda dan nyalakan kembali ponsel anda. sangat disarankan nyalakan handphone sambil dicas, karena biasanya beberapa kasus hp nyala kembali ketika setelah dicas.

7. Jika masih belum nyala, bawa hp anda ke tempat servis langganan anda.

8. Jurus terakhir jika hp anda masih belum nyala yaitu dengan Lem Biru alias lempar beli yang baru hehe. tapi mudah-mudahan saja sebelum anda lem biru, hp kesayangan anda bisa tertolong.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Royal Tulip Saranam jadi Hotel Bintang Lima Pertama di Bali Tengah

Kekayaan Pariwisata Indonesia membuat perekonomian terus bergerak. salah satunya dalah bisnis di bidang pariwisata, yaitu ...