Thursday , November 23 2017
Breaking News
Home / RUANG NUSANTARA / Wish You Were Here di Tarempa
Terempa - Kep. Anambas
Terempa - Kep. Anambas

Wish You Were Here di Tarempa

Lensawisata.com,  Tarempa, ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas ini merupakan kota yang terletak di dalam sebuah teluk. Kota ini berjarak 10 jam perjalanan laut dengan ferri dari kota Tanjung Pinang , ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Kota ini, memiliki potensi wisata yang sayangnya belum begitu dikenal.

Selama ini, wisata pulau yang sangat terkenal dari Kabupaten Kepulauan Anambas/KKA adalah pulau Bawah. Pulau yang berjarak empat jam perjalanan melewati laut dari kota Tarempa ini menjadi icon wisata dari Anambas. Padahal menuju pulau bawah butuh perjuangan tersendiri untuk bisa sampai di pulau ini. Perjuangannya menuju pulau Bawah dimulai dari harga kapal yang bisa mencapai empat juta rupiah pulang pergi, harga penginapan yang mahal, serta harus membawa perlengkapan menyelam dari kota Tarempa.

Padahal, jika kita mau sedikit membuka mata, di kota Tarempa sendiri, masih banyak tempat wisata yang menarik dan masih sepi. Mari, ikut saya menelusuri beberapa tempat wisata yang berada di sekitar kota Tarempa namun belum terlalu dikenal.

  • Pantai Tajung Momong.

Pantai ini berjarak lima belas menit dengan menggunakan kendaraan roda dua dari kota Tarempa. Sebelum tiba dipantai, terlebih dahulu saya menelusuri jalan yang terbuat dari semen sepanjang satu kilometer. Jika pernah membayangkan berjalan diatas laut. Semen panjanglah tempatnya. Semen panjang merupakan jalan alternatif yang dibuat oleh pemerintah kabupaten Kepulauan Anambas. Sebelum jalan ini dibuat, kita harus berjalan melewati kawasan perbukitan yang ada dibelakang pulau untuk sekedar mengelilingi pulau.

Lima menit perjalanan setelah melewati semen panjang, ada sedikit keraguan dipikiran saya. tidak ada sama sekali papan petunjuk dimana letak pantai yang bernama Tanjung Momong. Setelah mendapatkan petunjuk masyarakat setempat saya bisa mengetahui arah dari pantai Tanjung Momong. “Dari gedung SMA yang terlihat dari sini itu, abang berjalan lurus, sampai ada mesjid. Di depan mesjid, belok ke kiri. Masuk saja kedalam. Jika abang melihat sebuah rumah berdiri diatas batu granit. Itulah pantai Tanjung Momong. ” ujar penjaga warung yang berada di kanan jalan.

Terempa - Kep. Anambas
Terempa – Kep. Anambas

Dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh penjaga warung. Rumah yang berada di diatas batu granit, terlihat. Saya tiba di pantai Tanjung Momong. Pantai Tanjung Momong merupakan salah satu pantai di Tarempa yang menghadap ke Timur. Jika ingin melihat matahari terbit di Anambas, Tanjung Momong adalah salah satu tujuan utama. Meskipun pemandangan matahari terbit sedikit terhalang oleh barisan bukit yang berada di depan Tanjung Momong. Batu-batu besar yang berada di pinggir pantai, pasir yang berwarna putih keabu abuan dan tiada pengunjung menambah romantika dari pantai ini. Saya jadi teringat penggalan bait lagu Pink Floyd, Wish you were here saat berada di pantai ini. “ How I wish, how I wish you were here… “

Terempa - Kep. Anambas
Terempa – Kep. Anambas
  • Semen panjang.

Semen panjang merupakan jalan layang sepanjang satu kilometer yang berada di atas laut kota Tarempa. Dibawah semen panjang ini kita bisa melihat berbagai jenis terumbu karang di perairan Anambas. Terumbu-terumbu karang yang berada di bawah semen panjang, dapat dilihat mudah dengan menggunakan mata telanjang. Ikan-ikan karang dengan mudahnya terlihat di sini. Sayangnya, pemandangan indah ini terganggu oleh bekas-bekas pembangunan berupa sisa sisa semen dan besi dan juga keberadaan ruko-ruko yang dibangun di sisi sebelah kiri semen panjang. Sangat disayangkan.

Terempa - Kep. Anambas
Terempa – Kep. Anambas

Di bagian ujung dari semen panjang, terdapat batu-batu granit berukuran raksasa yang bernama batu betempak. Betempak merupakan bahasa Anambas yang memiliki arti bersusun. Dibawah batu betempak, laut dengan warna biru kehijauan dengan terumbu karang terlihat jelas. Saat matahari akan kembali ke peraduan. Saya berada di depan batu bertempak. Warna kuning sinar matahari yang jatuh di batu granit ditambah dengan birunya air laut memanjakan mata saya.

Terempa - Kep. Anambas
Terempa – Kep. Anambas
  • Batu panjang.

Batu panjang, adalah salah satu tempat melihat matahari tenggelam di kota Tarempa, selain  bukit di belakang lapangan futsal kota Tarempa. Yang menarik dari batu Panjang adalah terdapat batu-batu granit yang seolah olah disusun dengan menggunakan tangan-tangan yang tidak tampak. Letak batu panjang berada di tepi sebelah kanan jalan semen. Satu kilometer dari semen panjang.

Terempa - Kep. Anambas
Terempa – Kep. Anambas

Saya berdiri diatas batu granit yang berukuran besar. Setelah sebelumnya, saya meloncat dan meniti batu-batu ini. Sembaurat oranye matahari yang akan kembali keparaduannya terlihat dengan jelas. Menikmati sore hari diatas batu panjang hingga malam menghampiri kota Tarempa.

Tiga tempat ini adalah beberapa tempat yang mudah dikunjungi oleh para pejalan di kota Tarempa. Tidak memerlukan perjuangan yang berat seperti harus melewati jalan tanah, menyewa boat, serta terkena gelombang untuk berkunjung ke sini. (BAW).

Check Also

Pulau Pamutusan

Eksotisnya Pulau Pamutusan

Lensawisata.com, Dari pulau Pagang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kapal yang saya tumpangi bergerak menuju sebuah ...

2 comments

  1. Min, harusnya Tarempa, bukan Terempak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *