Wednesday , October 18 2017
Breaking News
Home / RUANG NUSANTARA / Yuk Ke Prambanan
prambanan
Candi prambanan di sore hari. (Foto: BAW)

Yuk Ke Prambanan

Lensawisata.com, Yuk Ke Prambanan, Ada sebuah legenda yang menceritakan proses berdirinya candi ini. Pada zaman dahulu Bandung Bondowoso yang mempunyai kekuatan supranatural ingin mempersunting putri Roro Jonggrang. Untuk itu, Bandung Bondowoso harus membuat candi dengan seribu arca dalam waktu satu malam. Permintaan tersebut dipenuhi oleh Bandung Bondowoso, namun Roro Jonggrang berbuat curang sehingga pada saat yang ditentukan, candi itu belum selesai. Bandung Bondowoso marah dan mengutuk putri Roro Jonggrang menjadi pelengkap arca yang keseribu.

Legenda diatas mengisahkan mengenai asal muasal dari candi Prambanan. Candi di Provinsi DI Yogyakarta ini didirikan oleh Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya. Dalam komplek candi Prambanan terdapat tiga candi besar. Candi tersebut adalah candi Visnu/ Wisnu, Shiva/Siwa, dan Brahma. Candi-candi besar ini memiliki konsep Tri Murti. Dewa Wisnu sebagai pemelihara, Dewa Siwa sebagai sang perusak, dan Dewa Brahma sebagai Pencipta. Letak candi-candi ini berurutan dalam satu garis lurus. Dari Utara, urutan tersebut adalah Wisnu,Siwa dan Brahma.

Dari tangga penghubung, saya menelusuri komplek candi. Candi pertama yang saya datangi adalah candi Brahma. Dari tangga terjal menuju pintu masuk candi, saya menuju ke dalam ruangan yang ada didalam candi Brahma. Di dalam candi Brahma, terdapat patung dewa Brahma/ dewa pencipta alam yang berkepala empat.

Dari Candi Brahma, sebenarnya kita dapat mengunjungi candi Siwa. Dalam candi ini terdapat patung dari Roro Jongrang. Namun, karena gempa Yogyakarta yang terjadi pada tahun 2006.Candi Siwa mengalami kerusakan yang parah. Akibatnya, Candi Siwa ditutup dengan tujuan merenovasi candi.

[Not a valid template]

Dari Candi Siwa, saya menuju ke Candi Wisnu. Letak candi Wisnu di selatan candi Siwa. Di dalam candi Siwa terdapat patung dewa Wisnu. Patung ini digambarkan mempunyai 4 tangan yang membawa peralatan pemukul. Saat sedang berada di candi Wisnu ataupun candi Siwa, jangan lupa untuk melihat relief- relief di dinding candi. Relief ini menceritakan mengenai cerita Ramayana dan Cerita Krisnayana. Para pemahat menuangkan cerita epos besar ini dalam bentuk pahatan yang menjadi bagian detail dari candi.

Dari melihat detail-detail kisah Ramayana dan Krisnayana. Saya menuju candi kecil yang ada di depan candi Siwa. Candi kecil ini bernama Candi Nandi. Di dalam candi terdapat patung lembu Nandi. Lembu ini adalah kendaraan Siwa. Di candi Nandi ini, umat Hindu sering melaksanakan ibadah keagamaan.

Setelah selesai mempelajari dan mengeksplorasi Candi Prambanan, dalam perjalanan menuju ke tempat parkir. Saya melewati tempat cendramata. Jika ingin membeli buah tangan untuk keluarga , disinilah tempatnya. Jangan lupa menawar jika ingin membeli oleh-oleh. Candi Prambanan salah satu tempat menarik di Yogyakarta. (BAW)

Check Also

Pulau Pamutusan

Eksotisnya Pulau Pamutusan

Lensawisata.com, Dari pulau Pagang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kapal yang saya tumpangi bergerak menuju sebuah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *